Wajib Tau! Apa Sih Perbedaan Mendasar antara Weeabo (Wibu) sama Otaku?

Perbedaan Otaku dan Wibu

viva.co.id
Apakah Anda termasuk ke dalam penggemar anime, manga, dan hal lain yang berbau Jepang? Dalam dunia fans, kecintaan ini ada namanya lho. Supaya lebih memahami serta tidak salah memberikan julukan, ketahui perbedaan WIBU sama OTAKU.

Pengertian dan Ciri-ciri Weeabo (Wibu)

Kata Wibu berasal dari Weeabo merupakan serapan dari Bahasa Inggris memiliki arti orang non-Jepang yang punya obsesi akan budaya dan seolah-seolah sedang tinggal di Jepang. Bisa dibilang ia menjadi fans fanatik. Untuk ciri-cirinya antara lain:

1.      Sangat Menyukai Kebudayaan Jepang

Jika Anda seorang atau punya teman Wibu, pasti tidak akan merasa malu dan canggung untuk berbicara mengenai kebudayaan Jepang. Justru malah sangat antusias serta berpengetahuan luas dan mendalam. Terkadang malah lebih tahu daripada orang Jepang aslinya.

2.      Mengetahui dengan Detail Kosa Kata Update Jepang

Seorang Wibu juga sangat suka sekali berkomunikasi menggunakan Bahasa Jepang. Lebih detail lagi, mereka tahu beberapa kosa kata yang lagi trend di Negeri Matahari Terbit itu. Selain itu, logat/ aksen yang digunakan Jepang banget.

3.      Suka Menggunakan Pakaian, Aksesoris, dan Koleksi Merchandise Jepang

Ciri selanjutnya dari seorang Wibu adalah ia biasanya suka menggunakan pakaian, aksesoris, serta mengoleksi merchandise Jepang. Kostum-kostum yang dipakai antara lain, tradisional, baju-baju pada serial anime, dan lainnya. Koleksi mereka seperti, komik, anime, manga, serta masih banyak lagi lainnya.

4.      Suka Menonton Anime, Film atau Drama, Baca Komik, dan Menyanyikan lagu-lagu Jepang

Kemudian seorang Wibu yang sangat terobsesi dengan Jepang pasti akan menggemari hasil karya negara tersebut. Misalnya, menonton anime, dilm, atau drama, membaca komik, serta menyanyikan lagu-lagu Negeri Sakura.

5.      Sering Ikut Cosplayer Festival

Seperti yang sudah diketahui jika seorang Wibu sangat suka memakai kostum-kostum Jepang, tidak terkecuali dari serial anime atau komik. Oleh karena itu, mereka juga pasti sering ikut acara cosplayer festival.

6.      Cenderung Tertutup

Banyak yang mengatakan jika seorang Wibu memiliki kepribadian tertutup. Ini mungkin karena mereka merasa tidak nyaman menunjukkan ketertarikannya di lingkungan tempat tinggalnya. Jadi, lebih sering menyendiri di ruangannya sendiri.

Pengertian dan Ciri-ciri Otaku

Otaku merupakan istilah dari Jepang, artinya orang-orang yang menekuni suatu bidang secara serius. Kata tersebut bisa dimaknai positif apabila ditujukan kepada mereka menekuni suatu hobi tertentu. Sedangkan negatinya, jika terlalu fanatik. Maka di sini terlihatlah perbedaan WIBU sama OTAKU.

1.      Sering Menghabiskan Waktu di Depan Gadget

Ciri pertama seorang Otaku adalah ia sering menghabiskan waktu di depan laptop, smartphone, atau gadget lainnya. Bisa dibilang mereka sangat update dengan dunia maya atau bidang yang sedang ditekuni.

2.      Aktif di Sosial Media

Seorang Otaku yang kesehariannya dihabiskan di depan gadget, sangat menyukai sosial media. Namun, hanya satu yang paling sering digunakan, yaitu Twitter. Di sini, mereka suka mengetahui apa saja hal yang sedang trending.

3.      Suka Berbagai Cerita Kepada yang Punya Hobi Sama

Jika Otaku bertemu dengan sesamanya, maka mereka akan menghabiskan waktu untuk bercerita dengan penuh semangat dan antusias. Cerita tersebut antara lain, hobi traveling, menonton anime, film horror, drama Jepang atau Korea, serta masih banyak lagi.

4.      Sangat Mementingkan Hobinya

Seorang Otaku lebih memilih melakukan aktivitas yang disukai daripada tidak. Jika mereka hobi menonton anime, maka seharian penuh akan dihabisakan untuk melihat serial hingga habis.

5.      Terlalu Asyik dengan Hobi Sampai Lupa Cara Bersosialisasi

Bagi Otaku yang sangat menyukai hobinya terkadang mereka terlalu asyik hingga merasa tidak nyaman jika berada di lingkungan luar.

6.      Terlihat Berbeda

Saking sukanya dengan hobi mereka, Otaku akan terlihat beda dari segi penampilan dan kelakuan. Mereka lebih sering memakai kacamata, baju, stiker, dan lainnya bernuansa anime. Selain itu mjuga cenderung cangguh saat berada di tempat banyak orang.

Dari penjelasan di atas maka sudah jelas perbedaan WIBU sama OTAKU. Weeabo bisa menjadi bagian dari Otaku karena saking fanatiknya. Sedangkan Otaku sendiri lebih asyik dengan dunianya. Sekian. Semoga bermanfaat.